Friday, October 30, 2015

Sekarang Ada Internet Gratis Di Indonesia

ballon internet google

PENGENTAHU.NET - Proyek dari google ini bernama Google Project Loon, yang akan memberikan pelayanan internet gratis di pedalaman. Pada tahun ini proyek ini sedang dilakukan uji coba, di prediksikan proyek ini akan beroperasi mulai tahun depan.

Google ballon akan bekerjasama dengan beberapa operator di indonesia yaitu Indosat, Telkomsel dan Xl Aviata.

Di Indonesia sendiri berencana meluncurkan ballon google pada bulan januari 2016 untuk menyediakan layanan internet di pedalaman indonesia.

Juru bicara kementrian telekomunikasi indonesia Ismail Cawidu mengatakan bahwa perusahaan Alphabet yang sebagai induk perusahaan google sudah bekerjasama dengan 3 provider indonesia yaitu Indosat, Telkomsel, dan XL Aviata. Proyek ballon google akan memulai masa percobaan selama dua tahun.

ballon internet google

Kerjasama mega proyek bernama Google Project Loon sudah di tandatangi pada tanggal 28 Oktober lalu di kantor utama Alphabet sebagai induk perusahaan google di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam penandatanganan kerjasama proyek ini juga di hadiri wakil-wakil dari Indosat, Telkomsel, dan XL Aviata, acara ini disaksikan oleh Menteri Informasi Rudiantara dan Direktur Utama Alphabet.

Menurut Iswan Cawidu "Balon-balon ini akan melayani daerah-daerah yang terpencencil dan yang belum terjangkau internet, khususnya indonesia bagian timur. Setelah 2 tahun uji coba proyek ini akan di evaluasi".

ballon internet google

Sebenarnya proyek yang mengudara setinggi 20.000 meter berrnama google ballon ini sendiri sudah di mulai sejak 2011 dan merupakan prakasa penyedia internet di tempat-tempat terpencil di negara berkembang.

"Sebelumnya para provider indonesia khawatir dengan adanya proyek ini karena dapat menyebabkan persaingan di bisnis internet dan menyebabkan kerugian, namun inplementasinya memastikan bahwa proyek ini tidak akan berpengaruh di bisnis internet". Kata Ismail.

Indonesia merupakan negara ke-empat yang melakukan uji coba proyek ini setelah Brazil, NewZealand, dan Australia.

Google mengatakan pihaknya berharap bisa membuka jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan menjangkau lebih dari 100 juta penduduk indonesia.

"Pada sebuah kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, dengan pegunungan dan hutan, sulit untuk memasang jaringan kabel serat optik atau menara seluler untul Smartphone," kata Mike Cassidy, wakil presiden Project Loon dalam postingan di blognya.

Jangkauan ballon google sendiri dapat menjangkau radius 40 kilometer, jauh lebih kuat dibandingkan dengan menara/tower sellular yang hanya dapat menjangkau radius sekitar 5 kilometer.

Ballon-ballon yang akan di luncurkan mengudara setinggi 20 kilometer diatas permukaan laut.

No comments:

Post a Comment

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings

Follow us on Facebook :P

Blogger news